-->

Membuat blog general dan manfaat yang dapat diraih

menulis adalah kegiatan mulia
Blogger

Penulisan artikel ini ditujukan untuk mengimbangi dari tulisan sebelumnya mengenai niche blog, baiklah sedikit saya uraikan apa itu pengertian blog general secara umum saja tentunya. Blog general selama ini lebih sering dikenal dengan blog gado-gado a.k.a campuran. Tentu saja ditinjau melalui isinya, karena general dan niche blog merupakan identitas keseluruhan konten sebuah situs. Jadi secara kasarnya blog general cenderung tidak memiliki batasan akan isi yang dipublish, tidak memiliki acuan dan keharusan untuk menyelaraskan serta memberikan keterkaitan antar tiap-tiap isi postingan.
Pada postingan kali ini,saya mungkin akan lebih banyak bercerita mengenai aktifitas blogging yang saya jalani dan sedikit banyak akan membahas visi,alasan serta tujuan utama dimana akhirnya memilih dan berencana untuk membawa blog ini menjadi sebuah blog general. Secara umum topik bahasan kali ini adalah seputarblog general dan manfaat yang dapat diambil dari membangun sebuah blog general. Pertama-tama jika berbicara tentang blog general pastilah erat kaitannya dengan blog niche dan sepertinya tidak perlu dituliskan lagi silahkan baca mengenai blog niche disini. Jika anda sudah membaca tulisan tentang niche, mungkin akan berfikir bahwa saya melakukan judgement bahwa blog tanpa niche merupakan blog yang memiliki masa depan suram. Agar tidak menimbulkan kebimbangan dalam memilih blog, saya tegaskan disini bahwa blog general juga memiliki prospek yang sangat-sangat baik untuk kedepannya dikarenakan sudah banyak terlahir blog general meskipun memberikan isi tidak terarah dalam setiap tulisan yang dipublikasikan namun memiliki trafik luar biasa dan kaya akan informasi bagi pengunjungnya.
Sebagai pembuka saya ingin sedikit bercerita tentang alasan saya kenapa sampai mempunyai preferensi terhadap blog general. Sebenarnya saya membangun blog ini bukan karena telah atau sedang mengalami stagnasi atau dalam fase jenuh dalam mengelola blog yang memiliki niche, karena hingga saat inipun juga masih giat berusaha dan berupaya untuk tetap mengelola blog niche yang saya miliki.
Singkat saja, faktor utama yang mendorong saya untuk membangun blog ini (general) tidak lain karena secara personal dirasa memang perlu untuk setidaknya memiliki tempat atau media dimana dapat dengan bebas menuliskan mengenai apapun yang sedang terlintas dan ingin dituliskan diluar daripada niche yang dipilih. Alasannya karena memang menulis merupaka hobi dan rutinitas yang sudah biasa dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang.
Dan sudah sekian kali dialami,ketika sedang timbul semangat untuk menulis , sangat disayangkan justru terkadang harus merasa memiliki batasan untuk tidak mempublikasikan ide tersebut pada blog, tentu saja akibat dari selama ini hanya terfokus untuk membangun blog yang memiliki niche khusus sehingga terbatas untuk menuliskan setiap hal yang menjadi ide dan umumnya memang benar-benar tidak ada kaitan apapun dengan niche manapun yang saya kelola. Misalkan saja ketika memiliki ide untuk menulis tentang pendapat atau tanggapan tentang issue sosial atau politik, akan sangat menggelikan bukan jika saya menuliskan topik tersebut pada blog yang khusus membahas resep makanan? Itu hanya salah satu perumpamaannya.
Faktanya, seseorang tidak akan mampu membuat dan mengelola blog full niche, blog yang memiliki satu niche khusus. Bayangkan saja perlu berapa buah blog untuk itu semua? Apakah semua akan terurus?  Untuk itulah rasanya sangat perlu memiliki setidaknya satu buah blog general dimana disana tidak ada batasan terhadap tema tulisan dan bebas menyalurkan buah pemikiran.Toh sepertinya hingga saat ini tidak atau belum ada alasan kuat yang menyatakan bahwa mengelola blog generl dengan konten tidak terstruktur dan sistematis merupakan aktifitas blogging yang sia-sia (wasting time. Nah pada kesempatan kali ini sekalian saja saya berpendapat mengenai keuntungan memiliki blog general yang juga ditulis via blog gado-gado ini.

Keuntungan membuat dan memiliki blog general

Jika ditelaah lebih jauh lagi, blog general memiliki banyak sekali manfaat baik itu bagi blogger maupun konsumen sekalipun. Langsung saja berikut uraiannya.
Memunculkan minat belajar melalui blogging
Dengan memiliki sebuah blog general yang memuat beragam konten, seorang blogger akan terbiasa belajar banyak hal setiap kali sedang ngeblog. Proses belajar itupun terjadi secara spontanitas. Maksudnya seperti ini,ketika seorang pemilik situs gado-gado memiliki ide menulis tentang apapun diluar dari pengetahuan dan kebiasaannya dalam blogging, namun setidaknya memiliki sedikit pemahaman yang menj=dasari keinginan untuk menuliskan hal tersebut, maka tanpa disadari secara tidak langsung blogger tersebut akan berupaya untuk lebih banyak membaca artikel-artikel terkait untuk memperoleh informasi yang diharapkan mampu menjadi referensi dan nantinya memperkuat ide yang akan dituliskan. Bukan bermaksud membenarkan kebiasaan rewrite, tetapi kenyataanya dengn membaca dan menulskan kembali diakui mempermudah proses belajar dan memahami.

Blog general tempat bebas untuk mengekspresikan diri

blogging memberi manfaat bagi orang banyak
Karya Tulis
Adanya sebuah wadah untuk mengekspresikan diri dalam sebuah bloggeneral  yang nantinya menampung setiap ide yang timbul dan terlintas dalam fikiran. Ini adalah salah satu cara positif untuk menyalurkan kelebihan yang dimiliki oleh setiap blogger. Bagaimana tidak>, sebuah pemikiran besar biasanya cenderung timbul seketika tanpa disadari dan akan sangat mudah hilang begitu saja jika tidak diupayakan untuk diingat, dan mengingatpun ada batasannya. Oleh karena itu, menuliskan merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu dalam mengingat. Tentu akan sangat disayangkan jika sebuah ide besar harus terbuang sia-sia atau hanya menjadi sampah fikiran. Setelah menulskan pemikiran tersebut, secara otomatis sudah memiliki dokumentasi yang memungkinkan untuk direview kapanpun dan kemungkinan akan sangat berguna suatu saat nanti. Lebih lagi jika setelah ide tersebut dipublikasikan dalam sebuah blog, bukan tidak mungkin kan pemikiran itu akan berguna bagi orang lain?

Blog general mudah mendapatkan trafik dan kunjungan

Ini merupakan kelebihan blog general yang nyata namun lambat disadari, kaitannya adalah dengan trafik pengunjung. Awalnya, saya mengira dan berekspektasi bahwa dengan blog niche, setiap pengunjung akan mampu menilai kualitas materi yang kita tuliskan dan akan memberikan bookmark pada situs yang kita miliki agar mudah kembali membaca sewaktu-waktu. Ternyata anggapan saya terlalu tinggi hingga mengkerdilkan potensi yang dimiliki blog generl dalam mendatangkan pengunjung. Kesadaran dan pola fikir saya itupun muncul akibat dari keseringan mampir mengunjungi blog general yang nyatanya sudah sukses dan konsisten sejak lama. Dari blog tersebut saya berhasil menelan banyak informasi walaupun awalnya tidak terfikirkan sama sekali untuk membaca artikel diluar dari apa yang sedang saya cari. Mulanya masuk ke blog general tersebut melalui hasil pencarian google sampai akhirnya menikmati postingan demi postingan  hingga akhirnyaterlena untuk terus membaca setiap informasi yang diberikan. Dengan rasa “terpaksa” menjadi sering mengunjungi dan membaca tiap-tiap related post yang ada dibawah setiap postingan artikel.
Meningkatkan kemampuan menulis
Sangat jelas bahwa kualitas konten dan kemampuan menulis setiap blogger akan meningkat secara natural seiring dengan konsistensi dan kebiasaan dalam urusan blogging. Kemampuan itu sendiri seperti penggunaan dan pemilihan bahasa penyampaian dan juga kelengkapan kosakata. Dengan blog general yang notabene berisi artikel bebas, maka secara alami sebisa mungkin blogger akan berusaha menyesuaikan diri dalam memilih kataserta bahasa penyampaian yang tepat untuk setiap pembahasan yang ditulisnya.

Blog general tidak monotone dan anti mainstream

Akibat dari lengkapnya artikel yang disajikan, menjadikan blog general lebih berpotensi diterima oleh pengunjung dari semua kalangan. Visitor yang dating tidaklah terbatas pada golongan tertentu seperti halnya yang terjadi pada blog yang memiliki niche. Namun tentunya untuk hal ini perlu diimbangi dengan kualitas dan originalitas pada isi agar tidak menimbulkan kesan negative mengingat konsumen yang datang tidak tertarget. Untuk itulah dalam membangun blog general wajib memahami apa yang ditulisnya untuk menjamin kebenaran informasi yang diterima pengunjung blog.

Kekurangan dan kelemahan blog general

Meskipun blog general tidak kalah manfaat dan kelebihan dari blog yang memiliki niche, tentu saja blog campuran tetap memiliki kelemahan dan kekurangan seperti berikut

Ketidakpuasan pengunjung terhadap kelengkapan artikel

Sangat wajar jika pengunjung merasa sedikit kecewa jika hanya mendapatkan sekelumit informasi dari sebuah blog general. Karena pada umumnya blog jenis ini tidak menyambung tulisan yang telah diterbitkan sebelumnya, kalaupun ada itupun biasanya ditulis dengan  interval waktu yang cukup jauh dan lama. Untuk mensiasatinya, bagi blogger pengelola blog general dapat memilih materi yang sebisa mungkin memiliki kelanjutan dan dipublikasikan dalam kurun waktu yang tidak begitu berbeda jauh.

Meragukan  Originalitas / keaslian Artikel Pada Blog General 

Ketidaksinambungan antara tiap artikel yang dipublish dan banyaknya topik yang dimuat mengakibatkan pengunjung bisa saja meragukan keaslian tulisan dari administrator blog campuran. Kasus ini sebenarnya manusiawi, tentu saja akan asangat wajar jika pengunjung merasa ragu pada penguasaan materi yang dipublish oleh pengelola. Tetapi pada prakteknya, banyak ditemui blog general tidak hanya dikelola oleh perseorangan, sehingga pada setiap topik yang dibicrakan dihandle oleh admin blogger yang memang menguasai bidangnya masing-masing. Sebaiknya dengan memilih general blog yang dikenal memiliki jangkauan materi luas untuk sebisa mungkin agar tidak membuat konten secara “sembrono”, ada baiknya untuk mempelajari dan benar-benar menguasai sebelum akhirnya membagikannya kepada public.

Rasanya tidak aka nada akhirnya jika membahas kelebihan-kekurangan dari masing masing jenis blog baik itu general maupun niche blog khususnya bagi yang baru akan memulai blogging. Kesimpulannya, langkah terbaik saat ini adalah mulailah menulis sesuai dengan apa yang anda senangi daripada terus menunda hanya untuk mempertimbangkan pilihan pada blog tipe general ataupu niche. Kunci utamanya, jadikan blogging sebagai aktifitas yang menyenangkan dan buat tujuan pasti mengenai pilihan menjadi blogger.

Baca Juga: Mengenali blog beserta manfaatnya menjadi blogger.


SHARE

0 komentar:

Post a Comment