-->

Apa itu blog, fungsi dan manfaat menjadi blogger


Untuk yang sudah melalang buana dalam dunia blogging tentu saja sudah menemukan visi dan tujuannya dalam mengelola blog. Dengan kata lain secara tidak langsung judul artikel kali ini dimaksudkan dan ditujukan untuk yang benar benar awam dan belum atau hanya sedikit mengetahui mengenai blog khususnya platform blogger dan bagaimana tata cara blogging dan keuntungannya.

Agar pembahasan lebih terstruktur kita uraikan menjadi beberapa seksi mulai dari pengertian blog itu sendiri.

Apa itu blog, fungsi dan manfaat menjadi blogger
Blog Klik Informasi

Apa itu blog dan blogger.com

Blog merupakan singkatan daripada web log yang secara umum dan mudahnya dapat diartikan sebagai sarana publikasi hasil tulisan melalui media online. Tulisan itu sendiri tidak ada batasan, dalam artian memuat tulisan yang berupa ide pribadi atau sekedar catatan harian pengelolanya. Administrator blog pun cenderung tunggal atau dapat dikatakan bahwa website ini merupakan situs perseorangan meskipun pada saat ini tidak jarang ditemui suatu blog yang didalamnya terdapat beberapa admin dan contributor  (pengarang blog)yang mengelola dan mengisi entri baru. 
Umumnya blog bersama seperti ini sudah didaftarkan menjadi situs publisher periklanan seperti google adsense.

Sedangkan berdasarkan sebuah situs luar negeri dikatakan bahwa blog adalah sebuah jurnal online pribadi yang sering diperbarui atau dapat juga disebut tulisan harian yang dipublikasikan. Dengan kata lain, blog adalah tempat untuk mengekspresikan diri kepada dunia luas melalui media internet.
Sebuah penempatan dan sarana untuk berbagi pikiran  serta gairah hidup. Beberapa blogger akan memperbarui secara terus-menerus konten pada situsnya. Bahkan, blog pada saat ini dapat berupa sarana informasai yang memberikan tips dan tutorial, update Berita dan informasi masa , mengenai selebriti dan skandal, desas-desus politik, komunitas, promosi produk,nasihat investasi,puisi dan lain sebagainya. 

Tetapi pada perkembangannya blog juga sengaja dibangun untuk memberikan informasi terkait atau spesifik mengenai berbagai hal seperti misalnya musik,hobi,makanan dan sebagainya dan umumnya dikenal dengan istilah niche blog yang dapat dibaca disini agar tulisan ini tidak menjadi terlalu panjang.

Sedangkan blogger sendiri cenderung diartikan sebagai subyek yang melakukan aktifitas blogging itu sendiri. Sebenarnya blogger diambil dari nama platform penyedia layanan website gratisan milik google yang memiliki identitas domain blogspot. Sedikit mengenai blogger.com yang merupakan media gratis untuk membuat website/blog dimana siapapun dapat mengakses dan memanfaatkannya secara Cuma-Cuma dengan menaati kebijakan dan persyaratan yang telah ditetapkan olehg pihak blogger. Saat ini blogger.com menjadi pilihan banyak orang yang ingin memulai blogging dikarenakan selain layanan ini tidak berbayar, interface dan tutorialnya pun sudah berjamur dan bertebaran pada search engine.

Fungsi dari sebuah blog

Seperti halnya website, blog juga dapat digunakan untuk mempublikasikan informasi kepada khalayak dengan disertai dengan foto, video, hingga animasi. Selain itu, blog dengan lalu lintas kunjungan yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk memperoleh earning dengan cara didaftarkan menjadi mitra dari perusahaan periklanan seperti pay per click  (PPC) sebut saja chitika, Google Adsense, Adnow dan banyak lagi. Lebih daripada itu, membangun sebuah blog juga mampu dioptimalkan untuk membantu mempromosikan produk pribadi.

Manfaat menjadi seorang blogger

Dengan melakukan aktifitas blogging seorang blogger akan mampu mengembangkan bakat menulisnya dan menyampaikan ide serta pemikiran secara publik. Namun itu hanyalah salah satu bentuk manfaat yang akan diperoleh oleh seorang pengelola blog. Bagi saya pribadi, terjebak dalam kegiatan menulis dan mengelola blog merupakan sebuah keadaan tersesat yang menyenangkan, ini adalah beberapa manfaat yang dapat diraih dengan memilih untuk menjadi seorang blogger

Menjadi blogger akan hidup abadi

Maaf jika sub judul tersebut seperti berlebih-lebihan. Akan tetapi memang benar adanya bahwa dengan mengelola situs web dan memberikan, mengisi dan menulis konten yang memberikan dampak positif bagi orang lain akan membuat blogger memiliki kesan baik dan berguna bagi orang lain. Maka rasanya sangat tepat apabila ada yang mengatakan bahwa dengan menulis anda akan tetap ada dan hidup walaupun telah berabad-abad kematian anda. Mari kita ambil contoh seorang Pramoedya Ananta Toer,beliau masih diingat sampai saat ini kareena tulisan-tulisannya.

Menjadi blogger akan menambah wawasan

Sangat jelas manfaat ini tentu akan diraih oleh siapapun yang memang berniat menjadi seorang blogger sejati. Namun sayangnya sampai saat ini masih juga ada blogger yang melakukan pencurian artikel dan mengkopi nya pada blog miliknya. Hal ini jelas saja justru akan mematikan kreatifitas blogger itu sendiri, alih-alih mendapat manfaat justru malah akan semakin terpuruk.
Secara natural,  dengan blogging anda akan terpakasa dan tidak sengaja, atau mau tidak mau menjadi senang membaca artikel milik orang lain, yah minimal untuk mencari referensi bahan tulisannya, tentu saja yang dimaksudkan bukan untuk mencuri tulisan atau melakukan kegiatan plagiarism, karena masih ada cara yang lebih mulia yaitu dengan membaca secara keseluruhan, memahami dan mencoba menuliskan kembali dengan cara dan gaya bahasa sendiri.

Memiliki skill baru diluar kebiasaan

Memang tidak bisa dihindari bahwa dengan blog kita dituntut untuk mampu sedikit memahami koding. Itu adalah hal yang manusiawi, bukan bermaksud membanggakan diri tetapi saya sendiri merasa cukup puas saat ini sudah mulai mengerti sedikit demi sedikit mengenai elemen-elemen pada template. Padahal jika melihat 3 tahun kebelakang dimana merasa sangat ingin memiliki situs web pribadi namun terbentur dengan rasa takut mengingat blogging bukan hanya sekedar menulis, lebih dari itu harus mau memahami struktur kodenya. Dan dengan sendirinya saat ini sudah mulai menguasai secuil tentang itu semua. Dari awalnya yang hanya seorang mahasiswa jurusan Teknik Mesin, buta kode, tidak mengerti apa itu domain, hosting, HTML, CSS dll. Hingga menjadi tahu.
Masih banyak lagi keuntungan dan manfaat menjadi blogger, namun saya rasa dengan menjadi blogger dapat memberikan kebahagiaan tersendiri baik itu karena setiap komentar negative/positif, email, dan diskusi dengan orang-orang lain.

SHARE

0 komentar:

Post a Comment